Tahu Sumedang untuk SBY Dilahap Kru Kick Andy


TEMPO.CO , Jakarta: Awak program bincang-bincang Kick Andy Show mendadak pesta tahu sumedang pada Rabu, 19 Maret 2014. Sepuluh porsi tahu bercita rasa asin dan gurih itu tadinya diperuntukkan bagi rombongan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Tahu tersebut rencananya ditaruh di ruang tunggu SBY.
SBY dijadwalkan hadir dalam Kick Andy dan diwawancarai Andy F. Noya, si pembawa acara. Namun, Andy memutuskan membatalkan wawancara karena juru bicara Presiden Julian Aldrin Pasha dan Sekretariat Negara keberatan terhadap sejumlah pertanyaan yang dianggap sensitif dan tak sesuai fakta. (Baca: Alasan Setneg Tak Setuju Pertanyaan Kick Andy).  

"Akhirnya tahu sumedang-nya kami makan," ujar Manajer Newstainment dan Non-Bulletin Metro TV Agus Mulyadi seraya tertawa melalui sambungan telepon, Jumat, 21 Maret 2014. Pesanan tahu itu datang dari protokoler Istana. Makanan lain yang dipesan Istana beragam jenis gorengan. Rupanya, SBY gemar memakan gorengan. "Menunya tidak ribet, tidak aneh-aneh." 
Menurut dia, Metro TV juga telah menyiapkan ribuan paket makanan untuk SBY dan rombongannya, serta penonton dan tamu undangan. Jadilah makanan itu dibagikan stasiun televisi milik Surya Paloh itu kepada kru Kick Andy dan warga di sekitar kantor Metro TV. (Baca: Kisah SBY Batal Tampil di Kick Andy Show).   
Yang juga kebagian jatah konsumsi adalah serombongan Pasukan Pengamanan Presiden yang tak tahu acara bosnya batal, sehingga pada Rabu sore masih datang ke Metro TV untuk memasang detektor metal dan mesin sinar X.
Bukan cuma Paspampres yang kecele. Sejumlah penonton yang rencananya hadir dalam taping alias rekaman wawancara Kick Andy malam itu telah telanjur datang ke studio. "Begitu pagi diputuskan rekaman batal, siang kami sebarkan informasi ke penonton bahwa rekaman tidak jadi. Tapi ternyata ada yang enggak tahu dan sorenya masih datang," tutur Agus. (Baca juga: Kick Andy Pontang-panting Penuhi Order Istana).
Rekaman acara Kick Andy tersebut gagal karena Sekretariat Negara keberatan atas daftar pertanyaan yang diajukan Andy. Pertanyaan yang bikin Sekretariat Negara keberatan itu antara lain soal tuduhan korupsi, skandal korupsi Bank Century, serta tentang keluarga SBY.
BUNGA MANGGIASIH