5 Alasan untuk makan alpukat setiap hari!

Kun Sila Ananda | Senin, 24 Maret 2014 10:26


5 Alasan untuk makan alpukat setiap hari!
Ilustrasi alpukat. ©Shutterstock/Dream79

Siapa yang tak kenal dengan buah alpukat? Buah ini memiliki reputasi sebagai buah berlemak yang seringkali dihindari oleh banyak wanita yang tak ingin gemuk. Namun jangan terburu-buru membenci buah ini. Meski mengandung banyak lemak, alpukat juga mengandung nutrisi yang penting untuk menjaga kebugaran tubuh.



Alpukat diketahui mengandung banyak nutrisi yang bisa melindungi tubuh dari peradangan, menurunkan risiko kanker, hingga membantu menurunkan berat badan. Bahkan faktanya, ahli nutrisi menyarankan seseorang untuk mengonsumsi alpukat setiap hari.

Apa sih yang membuat alpukat sangat istimewa dan baik dikonsumsi setiap hari? Ini dia lima alasannya, seperti dilansir oleh Daily Health Post (20/03).

1.
Mencegah peradangan

Merdeka.com - Alasan pertama mengapa Anda perlu mengonsumsi alpukat setiap hari adalah untuk mencegah dan mengatasi peradangan. Mengonsumsi alpukat akan mencegah peradangan, bahkan jika Anda mengonsumsi makanan pemicu radang seperti daging merah.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Food & Function mengungkap bahwa mengonsumsi hamburger bisa meningkatkan zat cytokine penyebab peradangan hingga 70 persen. Menambahkan alpukat pada hamburger tersebut akan menurunkan risiko peradangan hingga 40 persen.

2.
Menurunkan risiko kanker

Merdeka.com - Mengonsumsi alpukat ditengarai bisa menurunkan kanker. Penelitian pada Journal of Nutritional Biochemistry menunjukkan bahwa alpukat mengandung karotenoid penting yang bisa melawan sel kanker prostat. Penelitian ini menemukan bahwa alpukat mengandung kombinasi unik zat pelawan kanker dan lemak tak jenuh yang lebih mudah diserap dalam aliran darah.

Lemak yang ada dalam alpukat ternyata memiliki manfaat baik dalam tubuh karena bisa mempercepat proses penyerapan zat pelawan kanker. Dengan adanya lemak tersebut, zat anti kanker akan lebih cepat terserap dalam aliran darah dan menyebar ke seluruh tubuh.

3.
Menyehatkan jantung

Merdeka.com - Meski diketahui mengandung banyak lemak, namun lemak dalam alpukat tak berimbas buruk bagi jantung. Sebaliknya, alpukat ternyata baik untuk kesehatan jantung. Hal ini karena adanya vitamin E dan asam lemak yang menurunkan kolesterol buruk.

Penelitian terbaru termasuk yang diterbitkan dalam Critical review of Food Science Nutrition menunjukkan bahwa alpukat ternyata baik untuk menyehatkan jantung dan melindungi jantung dari penyakit berbahaya. Hasil ini didapatkan dari delapan penelitian klinis terhadap konsumsi alpukat dan kesehatan jantung.

4.
Menurunkan berat badan

Merdeka.com - Banyak yang salah paham dengan adanya lemak dalam alpukat. Wanita yang tak ingin gemuk seringkali menghindari alpukat karena lemak tersebut. Padahal faktanya, alpukat justru bisa membantu menurunkan berat badan. Peneliti menyarankan bagi Anda yang sedang diet untuk menambahkan setengah buah alpukat saat makan siang.

Rahasia di balik khasiat alpukat untuk menurunkan berat badan sebenarnya bukan pada nutrisi di dalamnya, melainkan karena alpukat bisa membuat kenyang lebih lama. Setelah kenyang mengonsumsi alpukat Anda akan lebih sedikit ngemil atau mengonsumsi makanan yang tak sehat. Nutrisi yang ada di dalamnya adalah bonus ketika Anda berhasil menurunkan berat badan.

5.
Lemak yang sehat

Merdeka.com - Alpukat disebut sebagai makanan yang paling alami, aman, dan menyehatkan yang bisa Anda konsumsi. Meski reputasi mengungkap bahwa lemak dalam alpukat sangat banyak, namun lemak tersebut baik untuk kesehatan tubuh. Peneliti menjelaskan bahwa lemak yang terkandung dalam alpukat justru penting dan bisa membantu meningkatkan kesehatan.

Jangan khawatir dengan lemak yang terkandung dalam alpukat, karena itu merupakan lemak sehat yang akan membantu tubuh menyerap nutrisi lebih baik. Itulah beberapa manfaat mengonsumsi alpukat setiap hari. Setelah mengetahuinya, jangan lagi ragu untuk makan alpukat setiap hari, meski Anda sedang berdiet.


Sumber : Merdeka.com