Lima Tips Melunasi Utang Kartu Kredit

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memotong kartu kredit.

:

Ilustrasi. (Shutterstock)
Ilustrasi. (Shutterstock)
Suara.com - Kartu kredit termasuk salah satu alat pembayaran yang sah selain uang tunai. Hampir semua transaksi bisa menggunakan kartu plastik ini. Karena itu, tidak jarang satu orang mempunyai banyak kartu kredit. Semakin banyak kartu kredit yang anda miliki, akan membuat jumlah utang anda semakin banyak.
Ini bisa menimbulkan jeratan utang yang tidak ada henti-hentinya. Apabila anda hanya mengandalkan gaji bulanan untuk melunasi utang kartu kredit, mungkin perlu waktu lama untuk terbebas dari utang. Karena itu, tidak ada salahnya untuk mengikuti sejumlah tips untuk bisa terbebas dari utang kartu kredit.
1.    Potong kartu kredit anda

Cara pertama yang harus anda lakukan adalah memotong kartu kredit yang anda miliki saat ini. Usahakan untuk tidak lagi tergantung kepada kartu kredit dalam melakukan pembayaran. Anda harus bisa membayar semua pengeluaran dengan gaji yang anda terima.
2.    Ubah perilaku anda
Salah satu alasan anda terlilit utang kartu kredit adalah perilaku anda. Karena itu, anda harus mengubah perilaku hari-hari anda. Luangkan waktu sejenak untuk berpikir bagaimana cara anda menghabiskan uang setiap hari, setiap minggu dan setiap bulan. Rutinitas apa yang bisa anda ubah tanpa mempengaruhi kualitas hidup anda. Salah satu perilaku yang bisa diubah adalah mengurangi kebiasaan untuk terlalu sering makan di luar rumah seperti di restorant atau kafe. Atau, cobalah untuk meminjam buku dari perpustakaan daripada harus membelinya.
3.    Jangan bayar minimum
Apabila batas minimum pembayaran kartu kredit anda adalah Rp100.000, maka usahakan untuk melipatgandakannya menjadi Rp200.000. Jangan membayar kartu kredit sesuai dengan batas minimu pembayaran. Masih ada yang berpikir bahwa membayar utang kartu kredit sesuai batas minimum adalah hal yang sudah cukup baik. Padahal, pembayaran minimum tidak akan menutupi utang anda, justru akan bertambah banyak karena bunga dari kartu kredit tersebut akan terus bertambah.
4.    Konsolidasi pembayaran dengan hanya satu kartu
Apabila anda mempunyai lebih dari satu kartu kredit maka usahakan untuk mengkonsolidasikan utang-utang anda itu ke dalam satu kartu kredit saja. Dengan melakukan konsolidasi itu, maka anda cukup membayar satu tagihan setiap bulannya. Anda juga bisa melakukan auto debit dari rekening anda sehingga tidak harus takut terlambat dalam membayar. Sebelum melakukan konsolidasi, pilihlah kartu kredit yang memberikan bunga paling kecil. Kartu kredit inilah yang akan anda pilih sebagai tempat konsolidasi.
5.    Motivasi diri untuk bisa cepat melunasi utang
Bagi anda yang sudah terlibat utang dalam jumlah besar, kadang muncul perasaan putus asa karena utang kartu kredit tidak juga lunas meski rutin membayar di atas batas minimum setiap bulannya. Karena itu, anda harus memotivasi diri anda agar bisa cepat melunasi utang itu. Ketika anda mendapatkan bonus atau uang dari usaha sampingan, upayakan untuk membayar kartu kredit terlebih dahulu sebelum digunakan untuk keperluan lain. Anda juga bisa menetapkan target kapan batas waktu untuk melunasi utang kartu kredit. Ini bisa memacu anda untuk lebih giat dalam membayar utang. (dari berbagai sumber)