Pengusaha ini sudah mempraktikkannya dan berhasil.
Suara.com - Dalam dunia bisnis, nama Virgin
merupakan brand yang cukup dikenal. Pendirinya tak lain adalah Richard
Branson, seorang pengusaha dan investor asal Inggris yang membesarkan
perusahaannya dari bawah.
Mengawali bisnisnya dengan mendirikan percetakan majalah Student,
Branson sedikit demi sedikit memperluas sayap usahanya. Pada tahun
1970, lelaki itu mendirikan perusahaan rekaman Virgin Records. Sejumlah
musisi ternama seperti Sex Pistol dan Culture Club pernah bernaung di bawah bendera label rekamannya.
Kini, nama Branson kian berkibar dengan perusahaan maskapai penerbangannya, Virgin Atlantic.
Keberhasilan tidak ia raih dengan serta merta. Investasi besar saja
tidak cukup. Ada formula-formula yang perlu diramu untuk bisa
mendorongnya menjadi usaha yang mendatangkan keuntungan dan bertahan
lama. Branson membagi kiat-kiat jitunya untuk mengembangkan usaha kecil
Anda.
Berikut ini 5 tips yang ia berikan:
1. Kenalilah tujuan Anda
Di Virgin, Branson berusaha mendobrak kebiasaan pasar yang
sudah ada dengan menonjolkan nilai-nilai baru yang menarik dalam hal
pelayanan. Branson mengumpamakan usaha tersebut dengan membuat jus
spesial untuk membuat orang lebih sehat, serta melakukannya dengan cara
yang menyenangkan.
Memang, dalam menjalankan usaha penerbangannya, Branson sangat
memperhatikan hal-hal yang mungkin selama ini dianggap maskapai lain
sepele, seperti transparansi harga, maupun keramahan staf.
2. Pastikan Anda sudah memiliki elemen dasar usaha yang tepat
Tentukan apa yang ingin Anda lakukan. Bangunlah hubungan kuat dengan
para agen penyuplai. Dengan demikian, sedikit banyak Anda bisa menekan
modal.
3. Pilihlah tim kerja yang tepat
Awalnya memang agak sulit. Sebagian besar usaha kecil gagal
berkembang karena tidak menyadari adanya anggota tim yang kurang
kompeten di bidangnya. Terkadang ada gunanya bersikap tegas, menyudahi
kerja sama dengan manajer yang tidak mampu mengembangkan bisnis Anda,
meski menyakitkan.
4. Setinggi apapun jabatan Anda, perhatikanlah setiap detil yang ada
Meski menjadi orang nomor satu di perusahaan, Branson kerap terbang
dengan pesawat dari maskapainya sendiri. Dia juga selalu menyempatkan
diri bercakap-cakap dengan staf. Dengan begitu, dia bisa tahu apakah ada
hal unik lain yang perlu dikembangkan.
5. Dengarkan pelanggan Anda dan beraksilah
Branson selalu meminta pendapat dari para staf perusahaannya. Branson
juga tidak malas memantau kanal-kanal media sosial untuk melihat
tanggapan pelanggan terhadap layanan mereka.
Tidak satupun langkah tersebut yang terlalu sulit untuk dilakukan.
Menurut Branson, salah satu kunci untuk mengembangkan usaha kecil
menjadi usaha raksasa adalah dengan melakukan semua langkah tersebut
dengan baik. (Entrepreneur.com)
Sumber copy : Suara.com