Manfaat jinten hitam (habbatussauda)


August 3, 2011 | In: Kesehatan
 
Manfaat jinten hitam – Jinten hitam atau bahasa lainnya habbatussauda ini merupakan rempah-rempah yang memupnyai banyak manfaat. Pada umumnya tanaman tersebut digunakan sebagai obat oleh masyarakat India, Pakistan, dan Timur Tengah. Tanaman ini telah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu dengan bentuknya butiran kecil yang berwarna hitam sebagai obat. Selain itu, jinten hitam dikenal sebagai tanaman obat dalam perkembangan awal islam.

Secara umum bentuk jinten hitam berbiji agak keras limas ganda dengan kedua ujungnya meruncing, limas yang satu lebih pendek dari yang lain, bersudut 3 sampai 4, panjang 1,5 mm sampai 2 mm, lebar lebih kurang 1 mm permukaan luar berwarna hitam kecoklatan, hitam kelabu sampai hitam, berbintik-bintik, kasar, berkerut, kadang-kadang dengan beberapa rusuk membujur atau melintang. Pada penampang melintang biji terlihat kulit biji berwarna coklat kehitaman sampai hitam, endosperm berwarna kuning kemerahan, kelabu, atau kelabu kehitaman; lembaga berwarna kuning pucat sampai kelabu.
Manfaat dari jinten hitam sendiri merupakan mencangkup banyak hal. Terutama dibidang medis tanaman ini mempunyai khasiat memperkuat sistem kekebalan tubuh dari serangan Virus, Kuman dan Bakteri.
Manfaat :
- Mempertahankan tubuh dari serangan kanker dan HIV
- Meningkatkan fungsi otak
- Menyembuhkan berbagai jenis penyakit pernafasan
- Menyembuhkan penyakit asma bronchial
- Menyembuhkan penyakit bronchitis
- Menyembuhkan penyakit gampang lelah
- Menyembuhkan penyakit batuk kronis
- Menyembuhkan penyakit penyakit pernafasan
- Mengatasi gangguan tidur dan stress
- Sebagai Anti Histamin
- Anti Alergi
Dengan kandungan asam linoleat (Omega 6) dan asam linolenat (Omega 3), Habbatussauda merupakan nutrisi bagi sel otak yang berguna untuk meningkatkan daya ingat, kecerdasan, dan relativitas sel otak agar tidak cepat pikun. Habbatussauda juga memperbaiki mikro (peredaran darah) ke otak dan sangat cocok diberikan pada anak usia pertumbuhan dan lansia.
Unsur Sapion terdapat pada Habbaussauda mempunyai fungsi seperti kortikosteroid yang dapat memengaruhi karbohidrat, protein dan lemak serta memengaruhi fungsi jantung, ginjal, otot tubuh, dan syaraf. Sapion berfungsi untuk mempertahankan diri dari perubahan lingkungan, gangguan tidur, menghilangkan stress, dan melancarkan air susu ibu (penelitian Potchestroom, 1989)
sumber : http://tipsku.info/manfaat-jinten-hitam/

No comments:

Post a Comment