Minum air putih saat perut kosong? Ini 12 manfaat sehatnya

Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum | Rabu, 12 Agustus 2015 07:11
Minum air putih saat perut kosong? Ini 12 manfaat sehatnya [Part 2]
Ilustrasi air putih. Shutterstock/Moravska

Minum air putih di pagi hari sangat disarankan oleh para ahli kesehatan. Terutama ketika Anda bangun di pagi hari. Sebab ada begitu banyak manfaat sehat yang bisa Anda dapatkan. Salah satunya adalah pola konsumsi sehat ini bisa membantu Anda dalam menyembuhkan bermacam penyakit mulai dari penyakit ringan hingga penyakit membahayakan.

Lebih lanjut, dilansir dari boldsky.com, inilah hal yang terjadi pada tubuh Anda ketika minum air putih saat perut kosong.


1.
Menyembuhkan kelelahan

Anda merasa lelah dan bingung untuk menghilangkannya? Cobalah untuk minum air putih sebanyak yang Anda bisa terutama di pagi hari. Sebab cara ini dapat membuat Anda merasa segar dan aktif kembali.

2.
Menurunkan berat badan

Minum banyak air terutama di pagi hari saat perut kosong dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Sebab dengan demikian, Anda akan terhindar dari keinginan untuk makan secara berlebihan karena Anda merasa bahwa perut Anda sudah penuh.

3.
Menguatkan jantung

Tahukah Anda bahwa minum banyak air dapat membantu Anda untuk menguatkan jantung? Hal ini disebabkan karena saat Anda minum air putih di pagi hari, maka air akan membantu mengalirkan dan memompa darah ke jantung sehingga jantung Anda dapat terlindungi dari berbagai macam penyakit yang tidak diinginkan.

4.
Menghapus racun

Minum 1-2 gelas air putih saat perut kosong di pagi hari akan membantu Anda untuk menghilangkan racun dari dalam tubuh secara alami. Sebab jika di dalam tubuh Anda menumpuk berbagai macam racun, maka lama-kelamaan kesehatan tubuh Anda akan menurun.

5.
Menyehatkan organ vital tubuh

Minum air putih di pagi hari dapat membantu melindungi dan menghidrasi organ vital tubuh. Sehingga organ vital Anda seperti ginjal, paru-paru, atau jantung tetap bisa berfungsi dengan baik.

6.
Mempercantik kulit

Anda ingin memiliki kulit cantik secara alami? Cobalah untuk membiasakan diri minum air putih di pagi hari begitu Anda bangun tidur. Dengan demikian air akan membantu membersihkan kulit dan menghilangkan semua bintik hitam atau noda di kulit.

Air telah sejak lama dikenal mampu menyehatkan kulit. Jika Anda ingin air yang Anda minum lebih sehat, cobalah untuk mencampurkan lemon ke dalam air hangat. Sebab cairan ini lebih efektif dalam membersihkan serta menyehatkan tubuh.


7.
Menurunkan tekanan darah

Merdeka.com - Anda seorang penderita tekanan darah tinggi? Ingin menurunkan tekanan darah secara alami? Cobalah untuk minum air putih saat perut kosong di pagi hari selama 30 hari. Cara ini dijamin akan menormalkan tekanan darah Anda.

8.
Mengobati masalah lambung

Merdeka.com - Minum air putih saat perut kosong selama 10 hari ternyata bermanfaat untuk menyembuhkan masalah lambung Anda. Sebab bila Anda minum air saat perut kosong, maka nutrisi yang hadir di dalamnya akan menyembuhkan lapisan perut Anda.

9.
Mengobati diabetes

Merdeka.com - Minum air pada saat perut kosong juga membantu untuk mengatur tingkat insulin dalam tubuh. Dengan demikian cara ini baik untuk mengobati diabetes.

10.
Mengatasi sembelit

Merdeka.com - Sembelit merupakan permasalahan pencernaan umum yang sering terjadi jika Anda kurang minum. Oleh sebab itu jika Anda mulai membiasakan diri untuk minum air saat perut kosong selama 10 hari saja, maka masalah sembelit Anda akan lenyap

11.
Menyembuhkan kanker

Merdeka.com - Mungkin Anda tidak percaya dengan manfaat yang satu ini. Namun sebuah penelitian kesehatan membuktikan bahwa terapi minum air saat perut kosong yang dilakukan selama 180 hari mampu membantu Anda dalam menyembuhkan kanker

12.
Mengobati TBC

Merdeka.com - TBC atau tuberkulosis merupakan masalah pernapasan yang serius. Namun terapi minum air bisa membantu Anda dalam menyembuhkannya. Terutama jika Anda melakukannya secara intens selama 90 hari.