SMA Terbaik Indonesia


 Departemen Pendidikan Nasional atau disingkat Depdiknas adalah salah satu departemen dalam pemerintahan Indonesia yang menangani masalah-masalah berkaitan dengan pendidikan dan pengajaran di seluruh Indonesia. Berikut ini 10 SMA terbaik versi Departemen Pendidikan Nasional Indonesia tahun 2012 :

1.   SMA Taruna Nusantara, Magelang


Sekolah ini dikenal dengan penekanan pada nilai-nilai kebangsaan dan kedisiplinan semi militer, di samping berbagai prestasi akademik dan kepemimpinan. Siswanya tidak hanya dituntut cerdas secara intelijensia, tapi juga tangguh secara fisik dan mental. Siswanya berasal dari seluruh Indonesia.  

 

 Ide pembuatan sekolah ini dicetuskan oleh Menteri Pertahanan dan Keamanan saat itu, Jenderal LB Moerdani pada tanggal 20 Mei 1985 di Pendopo Agung Taman Siswa Yogyakarta. Dia mempunyai visi untuk membangun sekolah yang mendidik manusia – manusia terbaik dari seluruh Indonesia dan menghasilkan lulusan yang dapat melanjutkan cita-cita para Proklamator.

 Ide ini diteruskan dengan menandatangani MoU antara TNI dan Taman Siswa, yang merupakan organisasi kependidikan pertama di Indonesia, untuk membuat suatu lembaga bernama Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara (LPTTN)



2. SMA Kristen 1 BPK Penabur, Jakarta

SMA Terbaik di Indonesia - SMAK 1 BPK Penabur, Jakarta
 
Sekolah ini merupakan Langganan juara Olimpiade Fisika/Matematika dan peringkat NEM/hasil UAN  langganan terbaik di Indonesia.Tidak diragukan lagi, sekolah ini termasuk salah satu yang terbaik di Indonesia. Motto sekolah ini adalah Iman, Ilmu dan Pelayanan. Dengan visi sekolah yakni mewujudkan sumber daya manusia berkualitas unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi serta peduli terhadap sesama berdasarkan nilai-nilai hidup Kristiani.


 
SMA Terbaik di Indonesia - SMAN 8 Jakarta

SMA Negeri 8 Jakarta didirikan pada tanggal 1 Agustus 1958, Tak diragukan lagi, SMAN 8 Jakarta merupakan sekolah negeri terbaik di Indonesia, dengan berbagai prestasi nasional dan internasional. Peringkat NEM-nya juga termasuk dalam jajaran peringkat atas nasional.

4. SMAN 3 Bandung
 

Berdiri sejak tahun 1953 SMA Negeri 3 Bandung dikenal dengan sebutan SMA Belitung karena berlokasi di jalan Belitung No. 8 Bandung. Sekolah ini merupakan SMA Negeri unggulan pertama di Bandung, Alumni SMAN 3 banyak yang telah menduduki jabatan-jabatan penting dalam pemerintahan, BUMN, Perguruan tinggi maupun perusahaan-perusahaan swasta. 

 Sekolah ini merupakan sekolah favorit dan kebanggaan masyarakat kota Bandung. Lulusan dari sekolah ini banyak yang berhasil melanjutkan ke perguruan tinggi terkemuka di Indonesia terutama ITB, UI dan UNPAD, setiap tahunnya tidak kurang dari 60% - 80% lulusan sekolah ini berhasil mellanjutkan ke perguruan tinggi negeri.


SMA Negeri 1 Bogor mulai didirikan pada tahun 1946 oleh Prof. Garnadi Prawiro Sudirdja (Bapak Biologi Nasional) dengan nama SPMA yang merupakan satu-satunya Sekolah Menengah Tingkat Atas di kota Bogor saat itu. 


Hingga saat ini SMA Negeri 1 Bogor dengan motto “Melangkah lebih maju” tetap bertahan menjadi salah satu SMA terbaik yang berhasil membuktikan keberadaannya dengan berbagai prestasi akademik maupun non-akademik, baik tingkat kota, propinsi, maupun tingkat nasional, bahkan hingga tingkat internasional.

6.   SMA Negeri Plus Riau
 

 Sekolah unggulan Riau ini didirikan sejak 1998 lalu, dan sampai sekarang selalu menjadi SMA Favorit di Propinsi Riau. Sekolah ini didukung dengan fasilitas lengkap dengan bantuan berbagai pihak seperti PT. CPI, PT Surya Dumai, PT. Sinar Mas Group. PT. Rapp dan PT. IKPP serta pihak lainnya, maka SMAN Plus Propinsi Riau yang berada di bawah pemerintahan Provinsi Riau melangkah dengan pasti menatap masa depan.


SMA Negeri 3 Semarang  terletak di Jalan Pemuda No. 149, Kota Semarang. Dahulu jalan ini dikenal sebagai Jalan Bodjong sehingga SMA 3 Semarang juga dikenal sebagai SMA Bodjong. Sekolah ini berdiri pada tanggal 1 November 1877.

Sekolah Negeri 3 Semarang merupakan Sekolah yang telah banyak meraih penghargaan nasional dan internasional, diantaranya penghargaan Honorable Mention Hongkong International Science Fair 2011 bidang Kimia yang diadakan di Hongkong. jika ingin melihat penghargaan lainnya, silahkan klik --> SMA 3 Semarang.

 SMA megah berlantai 3 terletak di Jalan Gunung Rinjani, Denpasar, Bali. Sekolah ini bernuansa Kota Bali, karena itu sekolah ini dijuluki Sekolah yg Menjunjung Tinggi Budaya Lokal nya. 

 SMAN 4 Denpasar pada pelaksanaan ujian nasional (UN) SMA untuk program ilmu pengetahuan alam (IPA) tahun pelajaran 2011/2012 berhasil meraih nilai rata-rata tertinggi di Provinsi Bali. SMA Negeri 4 Denpasar merupakan sekolah yang bertaraf internasional dan sekolah favorit di propinsi bali dengan berbagai penghargaan yang telah didapat.


 9.  SMA Swasta Sutomo 1 Medan

 Perguruan Sutomo adalah nama sekelompok sekolah swasta di Medan, Indonesia yang dikelola Yayasan Perguruan Sutomo. Kelompok ini mencakup Sutomo 1 yang terdiri dari play group, TK, SD, SMP, dan SMA, dan Sutomo 2 yang terdiri dari TK, SD, SMP, dan SMA. Di antara keduanya, Sutomo 1 merupakan sekolah yang lebih dominan dan luas dikenal.

Sekolah ini merupakan jagoan nya olahraga basket antar SMA, diantaranya saat menjuarai Honda DBL 2012 North Sumatera Series. Di setiap kompetisi Basket antar SMA, sekolah SMA Swasta sutomo 1 medan selalu menjadi Favorit.

Tidak hanya di turnament basket saja, SMA Swasta sutomo 1 medan merupakan Jagoan nya kompetisi fisika internasional, Tahun lalu , di kejuaraan International Physics Olympiad (IPhO) ke -43 yang berlangsung di Estonia, 15-24 Juli 2012, SMA swasta Sutomo 1 berhasil meraih medali emas, yang di wakili oleh siswanya yakni Adrian Nugraha Utama.

 Sekolah ini berlokasi di pusat kota Surabaya, tepatnya Jalan Kusumabangsa no. 21, di kawasan yang dikenal dengan istilah SMA kompleks bersama SMA Negeri 1 Surabaya, SMA Negeri 2 Surabaya, dan SMA Negeri 9 Surabaya.

 SMA Negeri 5 Adalah Sekolah Favorit di Propinsi Jawa timur yang berprestasi dari zaman dahulu hingga sekarang, dan menyandang Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional serta menjadi salah satu Sekolah Adiwiyata di Surabaya. SMA Negeri 5 Surabaya juga menjadi sekolah pertama di Jawa Timur yang menerapkan “Indonesia Digital Schools” (Indischools), sebuah program kerja sama Telkom dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


 SMA Negeri 5 Surabaya dibuka pada tanggal 1 Agustus 1957 sebagai pecahan dari SMA II/B berdasarkan Surat Keputusan Menteri PP. & K tanggal 18 Desember 1956 no. 6738/B III yang pada waktu itu masih bernama SMA V/B (Jurusan Pasti/Alam) dan ditempatkan pada gedung yang sama dengan SMA I/A dan SMA II/B. Kemudian pada tanggal 18 Oktober 1957 terbentuklah persatuan pelajar yang sekarang disebut Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) yang sekaligus menjadi hari kelahiran SMA Negeri 5 Surabaya.

 
Demikian 10 SMA terbaik Indonesia tahun 2012, terima kasih telah membaca, semoga bermanfaat