Kiat Sukses Wirausaha Yang Mungkin Tidak Pernah Kamu Pikirkan

Pada artikel pertama EntrepreneurMuslim.com ini akan menjelaskan hal-hal penting apa saja untuk memulai sebuah usaha. Kiat-kiat sukses berwirausaha ini wajib dimiliki terutama bagi para pengusaha muslim. Karena sejatinya ini semua sudah dijelaskan pada Al-quran dan Hadist.

Kiat Sukses Pertama: Luruskan Niat Dan Perjelas!

Dari Umar radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Amal itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia atau karena wanita yang hendak dinikahinya, maka hijrahnya itu sesuai ke mana ia hijrah. (HR. Bukhari, Muslim, dan empat imam Ahli Hadits)
kiat-sukses-niat
Dari hadist ini sangat jelas dikatakan bahwa apa yang kita capai nanti akan sesuai dengan niat awal yang kita luncurkan dari dalam hati. Tapi hati-hati, kebanyakan orang memulai usaha memiliki niat yang tidak jelas. Maka hasilnya pun nantinya akan tidak jelas. “aku ingin kaya!” ingin kaya apa? Kaya monyet atau kaya kucing? Hanya dengan niat ingin kaya, ini sangat tidak jelas karena kaya itu relatif. So, perjelas niat kamu sedetail-detailnya!
Memiliki niat ingin memiliki banyak harta tidaklah buruk, namun ada baiknya jika sebelum memulai usaha kamu memiliki niat yang mana bisa bermanfaat untuk orang lain agar usaha kamu bisa bertahan lama.
Bill Gates sebelum memulai usahanya ia memiliki niat agar suatu saat nanti setiap rumah memiliki sebuah komputer.
Tony Fernandes (pendiri Air Asia) sebelum memulai usaha ia memiliki niat agar suatu saat nanti setiap orang dapat bepergian dengan pesawat.
Inilah arti yang sesungguhnya dari The Power Of Giving.

Kiat Sukses Yang Kedua: Jangan Pernah Berhenti!

kiat-sukses-jangan-pernah-berhenti
Inilah penyebab yang paling sering membuat orang gagal dalam berwirausaha; berhenti jika mendapatkan kendala. Dan lebih parahnya lagi, ada lho orang yang berhenti sebelum menemukan kendala.
Alasan yang paling klasik yang sering kita dengar adalah “Tidak Punya Modal”. Sebenarnya ini adalah alasan untuk berhenti mencari modal. Berhenti mengoptimalkan diri untuk berfikir bagaimana caranya mendapatkan modal. Selain itu, ini merupakan suatu tanda tidak bersyukurnya kita atas pemberian yang maha kuasa.
Di luar sana ada banyak orang yang tidak memiliki modal namun bisa sukses berwirausaha. Mereka tidak pernah berhenti berusaha untuk mengatasi semua kendala yang ditemukan. Tahukah kamu, sesungguhnya berwirausaha itu adalah kegiatan dimana kita bisa mengatasi kendala dari yang terkecil hingga terbesar.
Ingat, bisnis kamu tidak akan pernah gagal jika kamu tidak pernah berhenti!

Kiat Sukses Ketiga: Doakan Saudara Anda!

Kiat sukses ini merupakan kiat sukses yang dijamin ampuh 100%; Doakan saudara anda (yang seiman) agar mendapatkan apa yang ia ingin capai tanpa sepengetahuan mereka. Kenapa kiat sukses ini dijamin ampuh? Karena kiat sukses ini keluar dari mulut manusia yang derajatnya paling tertinggi di alam semesta Rasulullah SAW;
Dari Abu Darda ra bahwasanya ia mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Tiada seorang muslim yang mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan saudaranya, kecuali malaikat berkata: Dan untuk kamu pula seperti itu. (HR. Muslim)
Efek dari kiat sukses yang satu ini sangatlah luar biasa. Karena jika kamu dapat melakukan ini dengan ikhlas, maka kamu memiliki hati yang bersih dari dengki. Karena sesungguhnya dengki itu adalah penyebab rusaknya peluang kesuksesan kita.

Kiat Sukses Keempat: Gali Terus Ilmunya!

Ilmu adalah hidupnya islam dan pilarnya iman. Barangsiapa mengajari ilmu, maka Allah menyempurnakan pahalanya, dan barangsiapa belajar dan mengamalkan (ilmunya) maka Allah mengajarkannya sesuatu yang tidak diketahuinya. (HR. Abu Al-Syaikh)
Barangsiapa yang menghendaki kebaikan di dunia maka dengan ilmu. Barangsiapa yang menghendaki kebaikan di akhirat maka dengan ilmu. Barangsiapa menghendaki keduanya maka dengan ilmu. (H.R> Bukhori dan Muslim)
kiat-sukses-dengan-ilmu
Jika ada yang mengatakan bahwa dalam berwirausaha itu tidak perlu ilmu, maka ini adalah kesalahan fatal dalam memulai usaha. Praktek itu memang perlu, namun praktek tanpa ilmu akan membuat kamu kesasar.
Kebanyakan orang membatasi ilmu hanya pada jenjang pendidikan. Setelah lulus dari semuanya, mereka cendrung tidak pernah belajar apapun lagi. Ini adalah mindset yang salah pada mayoritas masyarakat Indonesia. Jangan pernah membatasi ilmu kamu dengan pendidikan akademis. Karena pada kenyataannya justru orang-orang yang tingkat akademisnya rendah yang sukses. Mengapa? Bukan karena mereka tidak punya ilmu, melainkan karena mereka mau belajar hal-hal lain yang tidak pernah di ajarkan di sekolah.
Inilah empat kiat sukses yang jika kamu terapkan, inya Allah apapun bisnis yang kamu jalankan bisa sukses dan bermanfaat untuk dunia dan akhirat.

sumber : entrepreneurmuslim.com