Ketika SBY-Ani Yudhoyono Jalin Asmara Jarak Jauh

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hasanuddin Aco

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menceritakan beberapa kisah masa lalunya di Facebook, termasuk kisah percintaannya dengan Kristiani Herrawati alias Ani Yudhoyono saat masih muda dulu.
Diceritakan bahwa SBY tidak menyangka akan jatuh cinta pada putri pimpinan akademinya.
"Saat belum menikah, Pak SBY dan Ibu Ani menjalani hubungan cinta jarak jauh dengan saling berkirim surat. Lewat surat, Pak SBY dan Ibu Ani bisa saling mencurahkan isi hati," demikian diunggah di Facebook SBY beberapa jam yang lalu.
Kisah percintaan Pak SBY dan Ibu Ani terbilang cukup unik, karena lamaran Pak SBY untuk meminang Ibu Ani terjadi tanpa sepengetahuan Ibu Ani. Lamaran tersebut terjadi di Magelang, saat Pak SBY diwisuda menjadi Perwira terbaik AKABRI tahun 1973. Orang tua Pak SBY menemui Sarwo Edhie Wibowo dan Ibunda dari Ibu Ani ketika mereka ikut menghadiri acara wisuda itu. Mereka secara resmi menyatakan hendak ‘meminta’ Ibu Ani dan lamaran tersebut disetujui.
Ani Yudhoyono lahir pada 6 Juli 1952. Dia anak ketiga dari tujuh bersaudara pasangan Letnan Jenderal (Purn) Sarwo Edhie Wibowo dan Hj. Sunarti Sri Hadiyah. Menikah dengan SBY pada tanggal 30 Juli 1976, ketika SBY baru saja dilantik menjadi Perwira TNI dan menjadi lulusan terbaik.
Dari wikipedia ditulis, Ani Yudhoyono sempat kuliah Jurusan Kedokteran di Universitas Kristen Indonesia, tetapi pada tahun ketiga meninggalkan bangku kuliah karena pindah untuk mengikuti Ayahnya yang ditunjuk menjadi Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan. Setelah pulang ke Indonesia, ia menikah dengan SBY. Ani melanjutkan kuliahnya di Universitas Terbuka dan lulus dengan gelar Sarjana Ilmu Politik di tahun 1998