Cara Mengecek KTP Asli Atau Aspal



Depok, 15 Agustus 2016   23.06
by: Han Tanaka

Tertarik dengan berita di salah satu web online dengan kasus percobaan penipuan oleh seseorang yang mengaku berbisnis dengan penjualan mobil.

Awalnya si penjual menyebar info harga mobil lewat BBM broadcast ke teman-temannya.
Dijual sebuah mobil Honda Jazz tahun 2013 warna merah, bla…bla…bla…dan rupanya info promonya tuh nyangkut disalah satu teman BBM.
Singkat cerita, calon pembelipun sudah setuju dengan harga dan warna serta kondisi fisik mobil tersebut dan sepakat untuk mentransfer sejumlah uang sebanyak 65 juta dengan meminta nomor rekening dan foto KTP melalui BBM tsb.
Setelah mendapatkan nomor rekening beserta foto KTP penjual, tentu sebagai pembeli tidak ingin  terkena penipuan yang sedang marak terjadi di medsos/ jual beli online.
Pembeli tersebut mencoba mengecek keaslian KTP tersebut dengan mengakses web

 
Kita tinggal memasukan nomor induk KTP tersebut kedalam kolom yang sudah disediakan
dan click menu >>cek

Dan ternyata benar, bahwa KTP si penjual mobil tersebut adalah palsu dengan cara mengedit menggunakan aplikasi  Potoshop / paint/ sejenisnya untuk mengganti foto, dan lain-lainnya.
Pesan bang napi, hati-hati dengan promo harga murah, berbelanjalah dengan pedagang yang dipercaya dan sudah memiliki nama, atau melalui teman dekatmu yang sudah bisa dipercaya dan dikenal dengan baik.