Mengungkap proses terbentuknya upil


Mengungkap proses terbentuknya upil
                   Ilustrasi mengupil. ©Shutterstock/Felix Mizioznikov
Merdeka.com - Hampir setiap hari manusia selalu membersihkan hidungnya. Kadang dilakukan secara tidak sadar ketika menganggur atau sadar karena rasa mengganggu di hidung. Tetapi apakah Anda tahu mengapa manusia memiliki kotoran hidung atau upil?

Dilansir dari Bright Hub, upil terbentuk dari membran mucus atau membran lendir yang berada di hidung. Lendir yang dikeluarkan oleh membran mucus ini biasa disebut dengan ingus. Fungsi dari ingus adalah sebagai sistem perlindungan tubuh terhadap infeksi.
Ingus bertujuan untuk mencegah masuknya partikel-partikel berbahaya ke dalam paru-paru. Partikel ini dapat berupa debu, bakteri, virus, dan serbuk. Ingus yang telah menyaring partikel-partikel tersebut akan menjadi mengering dan terbentuklah upil.
Proses pengeringan dan perubahan dari ingus menjadi upil ini sebenarnya terjadi di bagian hidung yang lebih dalam. Hanya saja untuk mempertahankan ruang bagi ingus untuk mencegah masuknya partikel lain, mekanisme hidung membuat upil menjadi berada pada posisi hidung luar dan dapat dapat dicapai dengan tangan.
Hanya saja patut Anda ingat bahwa upil mengandung banyak partikel dan bakteri sehingga selalu bersihkan tangan setelah mengupil. Selain itu Anda juga harus berhati-hati ketika membersihkannya agar tidak mengalami pendarahan di bagian hidung.

Reporter : Rizky Wahyu Permana | Jumat, 16 Oktober 2015 18:18