Mobil Murah, Lalu Lintas Jakarta Diprediksi Lumpuh Total

Minggu, 15 September 2013 07:25 WIB

Mobil Murah, Lalu Lintas Jakarta Diprediksi Lumpuh Total  WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Pengendara sepeda motor nekat melintasii jalur busway
pada saat jam sibuk pulang kerja di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat,
Selasa (21/5/2013). Selain dapat menggangu laju bus Transjakarta juga
dapat menimbulkan kecelakaan. (Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Theresia FelisianiTRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  -  Ditlantas Polda Metro Jaya memprediksi ibu kota Jakarta pada 2014 nanti akan mengalami kemacetan total, dampak dari adanya mobil-mobil murah.
Wakil Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya, AKBP Sambodo Purnomo mengatakan dengan adanya pabrik mobil yang meluncurkan produk mobil terbarunya dengan harga yang cukup murah. Pastinya akan diminati masyarakat. Dan hal ini diprediksi akan membuat jalanan di Jakarta semakin padat.
"Mobil murah akan diminati banyak masyarakat. Otomastis menambah banyak jumlah kendaraan di jalanan. Dan ujungnya berdampak pada terjadinya kemacetan," ungkap Sambodo, Minggu (15/9/2013).
Dijelaskan Sambodo, pertumbuhan kendaraan di jakarta, setiap tahunnya selalu bertambah sekitar  11,3 persen. Dan bisa diperkirakan, apabila tidak dilakukan suatu tindakan dan kebijakan maka bisa jadi di 2014 nanti,  Jakarta akan mengalami kemacetan total.
"Banyaknya kendaraan berujung terjadinya kemacetan. Memang hal ini tidak hanya di Jakarta saja, tapi juga di daerah-daerah. Tapi memang di Jakarta yang terparah," kata Sambodo.
Untuk diketahui, pabrikan mobil Toyota dan Daihatsu meluncurkan mobil murah terbarunya yakni Toyota Agya dan Daihatsu Ayla.
Astra Daihatsu Ayla dipasarkan dengan harga Rp76 sampai Rp106 juta. Sementara Astra Toyota Agya dipasarkan seharga Rp99,9 juta hingga Rp120,750 juta.